Kamis, 07 Juni 2012

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Menentukan Jumlah Makanan yang Harus Diberikan pada Bayi dan Balita


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Menentukan Jumlah Makanan yang Harus Diberikan pada Bayi dan Balita
1)      Umur
Anak lebih aktif perkembangan tubuhnya, sehingga lebih muda umur seorang anak, lebih banyak zat makanan yang diperlukan untuk tiap kilogram berat badan nya.
2)      Berat Badan
Berat badan yang lebih maupun kurang dari pada berat badan rata-rata untuk umur tertentu merupakan pula faktor untuk menentukan jumlah zat makanan yang harus diberikan agar supaya pertumbuhan berjalan sebaik-baiknya.
3)      Suhu Lingkungan
Suhu tubuh dipertahankan pada 36,5oC – 37oC untuk metabolisme yang optimum. Dengan adanya perbedaan suhu antara tubuh dan lingkungannya, maka tubuh melepaskan sebagian panasnya yang harus diganti dengan hasil metabolisme tubuh. Lebih besar perbedaan suhu antara tubuh dan lingkungannya, maka lebih banyak panas yang dikeluarkan, hingga masukan energi pun harus ditambah.
4)      Aktivitas
Tiap aktivitas, seperti berlari-lari, berolahraga, dan sebagainya, memerlukan energi. Makin banyak yang dilakukan, makin banyak energi yang diperlukan oleh tubuh.
5)      Keadaan Sakit
Pada keadaan sakit, seperti adanya infeksi, terdapat katabolisme yang berlebihan daripada asam amino dan lagipula suhu tubuh meninggi, kedua-duanya memerlukan replisi makanan yang tidak boleh dilupakan (Pujiadi, 2002).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar